Monday, May 13, 2013

Compare review: Clean & Clear Fruit Essentials Facial Cleanser Energizing Berry and Wardah Acne Cleansing Gel



"Hah...hah...hah..." <-- ini ngos-ngosan ceritanya. Dan kenapa saya ngos-ngosan? Karena nulis judulnya panjang beneeer *lirik sinis botol Clean & Clear*
Kali ini saya mau review kedua produk ini, alasannya karena keduanya memiliki beberapa persamaan yang saya suka sebagai syarat untuk sebuah facial wash dikatakan mumpuni *ceilee bahasa gueee...*
Apa sajakah gerangan persyaratan yang dimaksud?
  1. Tidak creamy, melainkan berupa liquid atau gel.
  2. Foamless, alias ga banyak busa.
  3. Tidak bikin kering atau tidak bikin kulit kesat setelah dibilas.
  4. Tidak mengandung alkohol.
  5. Tidak mengandung banyak bahan comedogenic yang biasa terdapat dalam facial wash (seperti sodium chloride, myristic acid, lauric acid).
  6. Mengandung BHA (salicylic acid). Ini penting buat saya, karena kulit saya oily dan bisa dibilang comedoprone. Komedo datang tumbuh silih berganti jadi minimal butuh skincare dengan kandungan BHA. Yah, walaupun saya yakin sih kandungan BHA dalam facial wash ini pastinya dibawah 1% (atau bisa jadi dibawah 0,5% mungkin), tapi lumayan lah untuk memperlambat tumbuh kembang komedo.
  7. Affordable. Mudah dijangkau baik dari segi harga maupun keberadaan.
Dulu saya beli Wardah (selain karena faktor-faktor di atas) juga karena alasan ekonomi :p Sebelumnya saya pakai Melanox Cleansing Gel, tapi dia habis di tengah-tengah musim dompet paceklik. Jadilah saya beli Wardah yang murah meriah dengan harga hanya belasan ribu rupiah sajah :D
Sedangkan Clean & Clear saya beli akibat lapar mata (selain karena faktor-faktor di atas juga). Ada dua varian yaitu Energizing Berry dan satu lagi Brightening Lemon warna kuning. Pada pandangan pertama sebenarnya saya kesengsem sama yang lemon, tapi begitu liat di ingredients list-nya tercantum alcohol denat, bah... -_- ilfil saya... akhirnya saya ambil si berry.

Sebelum beranjak ke review, sekedar info aja kalau saya pakai facial wash ini untuk pagi hari, karena kalau malam saya pakai facial wash yang mengandung AHA. Rempong sih emang, tapi mau gimana lagi... kulit saya yang rewel udah ngerasa enak dengan formasi begini :D

Packaging


Packaging Wardah berupa tube plastik standar dengan tutup ujung flip yang sebenarnya bisa dibuka dengan cara diputar (tutup ulir). Kalau isinya udah mau abis biasanya tutup ulir lah berfungsi karena lubangnya lebih geday jadi isinya lebih gampang keluar. Desain packaging simpel (biasa aja maksudnya).

Sedangkan packaging Clean & Clear berupa botol plastik bening yang lebih keras. Bentuknya kayak termos atau tempat minum anak-anak. Tutupnya sama dengan Wardah, yaitu tutup ulir dengan ujung flip. Saya lebih suka packaging Clean & Clear karena setelah habis botolnya bisa dipakai buat ngerefill sabun cair. Lumayan buat dibawa travel atau camping :D

Tekstur, warna, dan wangi



Wardah berupa gel warna biru transparan dengan wangi marine ocean yang sayangnya terlalu tajam. Saya sendiri kurang suka baunya. Sedangkan Clean & Clear more liquidy, warnanya pink transparan dilengkapi dengan beads berwarna pink pula yang katanya sih bakal pecah sendiri ketika dioles ke muka, tapi nyatanya engga tuh. Harus dipencet baru pecah. Wanginya seperti strawberry. Walaupun saya bukan penggemar strawberry tapi ya baunya mending lah kalau dibanding Wardah. Untuk nuangnya ga perlu heboh juga. Kalau saya biasanya cuma segede biji kacang polong udah cukup buat semuka.

Ingredients


Kalau soal ini saya ga perlu banyak komen. Bisa diliat sendiri kalau ingredients-nya beda tipis lah ya. Satu-satunya yang paling mencolok mungkin cuma kandungan raspberry extract pada Clean & Clear. Mau tau apa kegunaan raspberry untuk kulit? Nih saya kutip dari suatu sumber:
"Raspberries are packed with magnesium and several key vitamins and minerals - vitamins C, B, E, PP, folic acid, citric acid, iron, potassium, calcium, pectin and high content of tannins as well as fructose. All these amazing compounds contribute to skin’s elasticity, toning and enhance skin brightness and color. The main actions of raspberries on skin are astringent, anti-septic and tonic.
Raspberries are great for oily skin. Due to high concentration of acids, they help to balance greasy skin and normalize sebum secretion.

Ellagitannins and high concentration of vitamin C in seeds of raspberries are responsible for antioxidant activities and able to reduce age spots and protect skin from sun damage or heal it in result of sunburn. So look for aftersun or sun block products containing raspberry extracts.

These nourishing berries are suitable for sensitive skin, smoothing it and brightening complexion."
source: http://delicious-skin.com
Wow... sounds great isn't it? Tapi, hehehe... kandungan raspberry di Clean & Clear Fruit Essentials sih ga segitunya bakal bikin kulit seperti keterangan di atas. Yah, kalau diliat dari urutan list-nya yang agak menuju ke buntut paling kandungannya cuma sepersekian persen lah ya. Ga ngaruh-ngaruh amat mungkin. Tapi kutipan di atas siapa tahu bisa berfungsi sebagai sugesti :D

After effect

Setelah dibilas, Wardah lebih ngasih efek halus sedangkan Clean & Clear agak kesat. Memang sih sebelumnya saya sebut kalau kedua facial wash ini ga bikin kesat dibanding facial wash merk lain, tapi kalau perbandingannya di antara kedua produk ini, ya Clean & Clear lah yang lebih kesat dibanding Wardah. Soal efek cerah keduanya biasa aja, toh memang bukan spesialisasi di whitening, tapi yang pasti bikin fresh *semua facial wash juga gitu kali ah...* Yang jelas sih kulit saya ga mengalami tanda-tanda penolakan ketika memakai produk ini. Jadi so far cocok-cocok aja tuh.

Jadi kesimpulannya, the winner iiiiiis....

Seri

hehehe... :D

Saat ini saya sedang dalam tahap menghabiskan Wardah soalnya tinggal dikit lagi, jadi sementara Clean & Clear nganggur dulu sampai Wardah melewati detik-detik terakhir sisa hidupnya. Oh ya, untuk yang berkulit normal atau kering ga disarankan pakai ini ya. Meskipun kedua facial wash ini ga bikin kulit kering tapi kan mengandung BHA yang notabene keratolitik, malah bikin flaky nantinya...

Oke deh, sekian review kali ini.
Kalau ada sumur di ladang... tenang, saya ga akan numpang mandi
Kalau ada umur panjang.... mau baca postingan saya lagi??
*pantun macam apa inih?? -__-*


***


11 comments:

  1. Hahaha kocak. Pantun macam apa itu?

    Btw aku baru tau clean n clear ngeluarin produk bgituan, warnanya merah seger, pengen coba. Tapi kandungan BHA kayaknya kurang bersahabat buat kulitku deh, pernah coba tamagohada ujung2nya kulit perih kekeringan.

    Nice review^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. aih jeng.. kulitmu sensitif kah?
      acid emg ga untuk semua kulit.. ada yg cocok pake aha tp bha ga dan sebaliknya. ada juga yg ga cocok pake dua-duanya tp malah cocok pake retinoic acid yg notabene lbh keras

      Delete
  2. Clean and Clear-nya menggoda mata banget ya.. malah justru mirip hand sanitizer bukan facial wash :D :D

    suka banget baca review yang perbandingan begini.. ^^b

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mirip hand sanitizer, tapi sayang ga bisa dipake sbg pocketbac
      kebayang aja klo botol segede gitu gelantungan di tas, ga indah dipandang sama sekali... bisa2 dikira tukang dagang hehe :D

      Delete
  3. wah aku nggak perah liat yg clean and clear cute banget ya :D jadi pingin beli

    Invite you to enter
    || Luch Luch Craft x Persunmall International Giveaway
    Hope you will Join :)
    || Luch Luch Craft New Post

    ReplyDelete
  4. Informasi yang sangat bermanfaat sist,,,gaya santai dan cute abizz,,,

    ReplyDelete
  5. Wah ga make phisohex lg ya? Wardahnya ampuh ga ya buat ngilangin jerawat? Mohob di bls ya. Makasih ;)

    ReplyDelete
  6. aku lg liat2 review clean and clear ini. soalnya kepincut banget sama packagingnya segeeer gmn gitu, pengen diminum jadinya. pengen nyoba deh ntar.
    do u mind following me back? ^^ thankyou

    beautynothebeast.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. jd intinya bagus wardah atau cc ni ?

    ReplyDelete
  8. Gw pernah pake 22nya dan sama sama kering dwajah gue

    ReplyDelete
  9. bisa bagi info facial wash creamy yg ga ad ethanol dan bahan comedogenic?

    ReplyDelete