Saturday, June 23, 2012

memilih facial wash harian untuk acne prone skin

Postingan kali ini bukan reviu atau cerita tentang belanja kosmetik tapi sekedar sharing tips. Sebagai orang yang kulitnya pernah bermasalah sampe harus gonta-ganti dokter kulit 3x, saya mau bagi tips atau kasih saran tentang memilih facial wash alias sabun muka buat yang jenis kulitnya berminyak cenderung berjerawat.

Saran pertama dan mungkin satu-satunya yang paling penting adalah: pilihlah facial wash yang berbentuk liquid atau gel. Kalau bisa hindari yang teksturnya creamy (apalagi yang ada scrub-nya), meskipun disebut bahwa produk tersebut untuk kulit berminyak berjerawat (misalnya p*nd's, dll). Untuk facial wash yang berbentuk liquid atau gel, meskipun tidak ditulis bahwa itu khusus untuk kulit acne prone (all skin type), asalkan teksturnya seperti itu, bisa dipakai. Saya udah mencoba bermacam-macam facial wash dan yang berbentuk gel/liquid rata-rata tidak mengandung bahan yang kontra dengan kulit acne prone (meskipun untuk semua jenis kulit).

Hindari juga sabun muka yang bentuknya sabun bar kayak sabun mandi. Yang seperti ini bikin muka kering. Lah? kenapa emangnya? bagus dong kalo kulit oily terus jadi kering,  itu artinya mengurangi minyak. <-- Sebagian pasti ada yang berpikiran begitu, but no no no... kering yang disebabkan sabun bar bukan berarti dia ngurangin minyak, justru mengeringkan yang sifatnya iritan. Saya juga pernah beberapa kali pakai facial wash model sabun bar, meskipun minyak berkurang jerawat hilang tapi yang ada muka ga ada halus-halusnya sama sekali. Kalau kelembaban hilang, kulit bisa berontak dan malah memproduksi lebih banyak minyak nantinya. Kulit berminyak juga butuh kelembaban.

Saran seperti ini pastinya bukan cuma datang dari saya saja (mungkin sudah banyak postingan tentang ini sebelumnya). Alasan saya memberi saran demikian karena berdasarkan pengalaman loncat-loncat dari satu dokter ke dokter lain, hampir semuanya ketika memberi saya produk facial wash bentuknya liquid atau gel. Bukan tanpa alasan ilmiah kan kalo dokter kulit memberi produk seperti itu.

Brand yang punya facial wash dengan tekstur gel/liquid pastinya buanyaak, mulai dari merk lokal sampe luar, atau dari yang murah sampe yang mahal. Pengennya pake yang mana disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Nah, di sini saya mau menyebutkan beberapa produk facial wash dengan tekstur gel/liquid yang mudah di dapat di pasaran indonesia dan harganya terjangkau (kebetulan saya ga merambah ke skincare mahal dan termasuk orang yang agak males belanja online).
  1. Ristra Health & Beauty Med Soap (disebut pertama karena saya pake ini ^^)
  2. Biokos Pure Balance Balancing Soap
  3. Marcks Venus White Beauty Aqua Facial Wash
  4. Clean & Clear Foaming Facial Wash (dan varian lainnya yang berbentuk gel)
  5. Pigeon Facial Foam
  6. Verile Acne Care Facial Wash
  7. Wardah (yang basic series & acne series)
  8. Bless (all series: normal, acne, sensitive)
  9. Mustika Puteri Cleansing Wash (brand dari ibu Mooryati Soedibyo)
  10. Acnol Facial Wash (ada di beberapa supermarket tapi paling gampang cari di apotek)
  11. La Tulipe (yang normal & acne series)
  12. Oriflame (ada beberapa line yang punya facial wash gel/liquid, tapi saya ragu masukin brand ini ke dalam kategori "terjangkau" karena produk-produk yang di atas semua dibawah 50ribu, paling mahal 30ribuan)
Tambahan
  1. pHisohex Daily Antiseptic Facial Wash
  2. Biore Facial Foam Pure Mild
  3. Melanox Facial Cleansing Gel
Yang saya ingat sudah saya sebut semua, kalau ada yang kelewat atau tidak saya tahu, silahkan ditambahkan. Kalau dari pengalaman saya, pakai sabun muka gel/liquid lumayan ga bikin jerawat merajalela. Saya ga bilang sembuh 100% ya, misalnya jerawat yang biasanya muncul seminggu sekali jadi cuma sebulan sekali. Btw, dari semua merk yang saya sebut diatas no 1-6 + 12 sudah pernah saya coba, sedangkan sisanya hasil research dari testimoni orang. Yang paling sering repurchase, Ristra. Kalau lagi bokek dan darurat pas sabun abis tapi mau beli ke supermarket gede jauh, pakai C&C atau Pigeon soalnya di mini market juga banyak, tinggal jalan 100 meter dari rumah, hehehe.

Tambahan nih, untuk pembersih, jangan tergiur dengan embel-embel whitening. Sudah bukan rahasia lagi kalo bahan whitening itu musuh buat kulit berjerawat. Tapi masih aja ada yang nekad berhubung obsesi punya kulit cerah. Bahasa ngetrennya, banci putih. Kalau emang mau nekad, diakalin dikit deh, silahkan pakai night cream yang mengandung whitening tapi buat pembersih (cleanser, facial wash, toner) please stick to the rule. Cleanser + toner tetap pilih yang sesuai jenis kulit, sedangkan facial wash-nya yang berbentuk gel/liquid. Kalau kulit acne prone pake seri whitening dengan range lengkap (mulai dari permbersih, krim, masker, sampe serum, dll) mungkin niscaya muka bakal cerah, tapi banyak "aksesoris"nya, emang mau kayak gitu, hehehe. Muka terlihat cerah dan glowy bukan hanya karena kulit putih, tapi juga sehat. Kalau kulit muka sehat otomatis bakal kelihatan cerah dengan sendirinya.

Tapi perlu diingat kembali ya, bahwa yang namanya skin care ujung-ujungnya tetap cocok-cocokan. Kalau misalnya pakai facial wash creamy dan dirasa cocok dan ga bikin breakout ya teruskan saja. Yah, akhir kata meskipun tips ini basi tapi semoga bermanfaat, apalagi buat yang masih awam dan bingung nyari facial wash gel/liquid, tuh udah ada beberapa yang saya sebut. Semoga ga bingung lagi (^^)V

***


12 comments:

  1. Ristra Health & Beauty Med Soap biasa dibeli dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di supermarket banyak kok jeng :D
      cari yang ada counter Ristra

      Delete
  2. Marcks Venus White Beauty Aqua Facial Wash bagus mana sama Pigeon ? Thank you :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo formulanya saya lupa bagusan yg mana..pakenya udah lama sih ^^
      tapi klo berdasarkan hasil akhir aku lbh suka pigeon karena ga terlalu bikin kering/kesat kayak venus

      Delete
    2. Kalo yang bless bisa kita beli dimana ya?

      Delete
  3. ristra sm bless enak mana menurutmu? eh btw blesss yg oil control ga ada facial washnya ya aku liat di web?

    ReplyDelete
  4. Nambahin ya,, olay natural white facial foam jg gel bentuknya

    ReplyDelete
  5. Mau nanya dong, istriku lgada jerawatnya. Lebih bgs mana pake pigeon facial wash atau pake la tulipe ya?

    ReplyDelete
  6. Sista klo facial foamnya phisohex trs cream mlm nya SA whitening boleh g y? Secara phisohex udh cocok & nyaman dipakai di kulit berminyak & berjerawatku, cuma pgn cerahan dikit mukanya, oh ya ktnya scrubing min 1 minggu sx penting apa benar begitu my sista ( buat angkat sel kulit mati)? Thx for your advice

    ReplyDelete
  7. Haihaiii nice info. :D

    Aku jg acne prone nih.. Buat FWnya malah cocok pake sabut batangan.. Tp sabun bayi, zwitsal atau cussons. Aman dimuka aku.

    Minyak dimuka sih masih, ya mungkin krn aku pakai krim muka yg ngasilin minyak. :p

    ReplyDelete
  8. Kalo brand b.l.e.s.s bagus ga formulanya?

    ReplyDelete